Langsung ke konten utama

PELUANG BISNIS CETAK SABLON



KARYA ILMIAH
KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS CETAK SABLON

www.amikom.ac.id



DISUSUN OLEH :
ISTIQOMAH AYU FITRIYANTI
17.96.0033
17.Ilmu Komunikasi.01
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA



Kata Pengantar

Puji Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan Hidayahnya kepada saya sehingga saya bisa menyelesaikan tugas makalah tentang ‘’PELUANG BISNIS CETAK SABLON’’.
Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas dari UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA sebagai bahan untuk pengambilan nilai dari materi Lingkungan Bisnis. Makalah ini juga dibuat untuk mengetahui peluang bisnis pada bisnis cetak sablon.
Untuk saat ini saya masih menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya berharap adanya kritik dan saran guna untuk penyempurnaan makalah ini.
Demikian makaalah ini dibuat, semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi penulis dan pembaca.






Yogyakarta,    Sempember 2017




Penulis                           






BAB I
PENDAHULUAN

Abstrak
Peluang bisnis di Indonesia saat  ini sangatlah luas. Apalagi untuk saat ini untuk mendapatkan pekerjaan pun sangatlah sulit. Maka dari untuk saat ini banyak masyarakat yang lebih senang membuka sebuah bisnis. Untuk membuka bisnis itu sendiri pewirausaha harusah bersifat kreatif dan mampu berinovasi supaya bisa mengikuti perkembangan pasar.
Bisnis juga bisa berawal dari hobi atau sesuatu barag yang kita suka, seperti kita meyuakai kaos yang mempunyai deain yang unik. Dari situ kita bisa membuat sendiri kaos yang kita inginkan dan bisa dijadika sebuah bisnis. Contohnya bisnis cetak sablon
Seni cetak sablon adalah sebuah kegiatan seni yang cetak- mencetak dengan menggunakan kain gasa (screen) pada bidang cetak. Cetak sablon biasanya digunakan untuk membuat gambar produk perusahaan, membuat poster, spanduk, logo dan bedge, dan yang paling sering digunakan adalah pada  tekstil. 

Tujuan penulisan
Tujuan dari penulisan itu sendiri adalah untuk pengambilan nilai pada materi lingkungan bisnis. Namun disamping itu dibuatnya makalah ini adalah untuk menggambarkan tentang bagaimana bisnis cetak sablon.  Sehingga pembaca bisa mengerti tentang bisnis cetak sablon dan cara menyablon itu sendiri.









BAB II
PEMBAHASAN

Seni cetak sablon adalah sebuah kegiatan seni yang cetak- mencetak dengan menggunakan kain gasa (screen) pada bidang cetak. Cetak sablon biasanya digunakan untuk membuat gambar produk perusahaan, membuat poster, spanduk, logo dan bedge, dan yang paling sering digunakan adalah pada  tekstil.
 
Dalam melakukan cetak sablon pasti diperlukan peralatan yang digunakan pada saat menyablon. Berikut ada beberapa alat yang digunakan :

  1. Kaos sebagai media utama yang akan di sablon
  2. Papan Triplek ukuran sesuia kaos yang akan dimasukkan dalam kaos supaya tinta tidak meresap dibagian belakang kaos
  3. Screen yang telah diafdruk atau yang telah membentuk sebuah pola 
  4.  Rakel untuk meratakan tinta
  5. Tinta yang digunakan untuk bahan tekstil
  6. Meja untuk tempat pencetakan atau penyablonan
  7. Air untuk mengeringkan sisi tinta
  8. Beberapa plastik dan kain perca 
Proses 
  1.   Siapkan kaos yang telah dimasukan triplek.
  2. Kemudian taruh screen atau kasa diatas kain, sesuaikan yang diinginkan. Jika akan menggukan beberapa warna sebaiknya gunakan plastic/selotip untuk menutupi bagian yang akan diberi warna berbeda
  3. Lalu taruh tinta di pinggir bagian atas screen kemudian ratakan screen kebawah dengan rakel dengan satu tarikan. 
  4. Jika menggunakan warna lebih dari satu, maka bersihkan screen dan tutup bagian screen  dengan plastic/selotip yang tidak akan diberi warna, lalu ulangi cara nomor 3
  5. Kalau sudah selesai screen bisa diangkat dan hasilnya akan muncul
  6. Setelah semua proses pencetakan telah selesai maka langkah selanjutnya adalah pengeringan, pengeringan bisa menggunkan sinar matahari atau menggunkan kipas angin. Atau bisa dengan menggunakan prses pengpenan atau buring supaya pengeringan lebih optimal.
Setelah semua proses selesai, kita perlu membersihkan screen dari tinta. Berikut beberapa bahan yang digunakan untuk membersihkan screen :
  •  Larutan soda api 20%-30%
  • Sodium Hipoclorida
  • Fregan Pasta 
  • Stenoh Remover 5 atau ulano
  • Unigel
  • Seristrip
  • Ulano
  • Tiner
 Cara menghapus screen adalah :
      Setelah selesai mencetak, screen dicuci bersih dari bekas tinta sablon. Oleskan bahan penghapus sampai merata pada bagian depan dan belakang. Diamkan beberapa saan agar obat bereaksi, kira-kira 5-30 menit. Cuci dan gosok menggunakan kain lap yang bersiih dan dibasahi hingga bersih. Setelah dicuci lalu dijemur atau dikeringkan menggunakan hair dryer. Screen siap disimpan atau dipergunakan untuk mencetak kembali.

BAB III
KESIMPULAN
Dalam bisnis ceta sablon pewirausaha harus kreatif dalam membuat desain dan juga harus selalu berinovativ supaya bisa mengikuti perkemabangan pasar.







Referensi
www.amikom.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL

KARYA ILMIAH KULIAH LINGKUNGAN BISNIS PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL DISUSUN OLEH : ISTIQOMAH AYU FITRIYANTI 17.96.0033 17.Ilmu Komunikasi.01 UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA Kata pengantar Puji Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan Hidayahnya kepada saya sehingga saya bias menyelesaikan karya ilmiah ini tentang ‘’PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL’’. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas dari UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA sebagai bahan untuk pengambilan nilai dari materi Lingkungan Bisnis. Dan makalah ini juga dibuat untuk mengetahui peluang bisnis yang bias digunakan di era digital saat ini. Untuk saat ini saya masih menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya berharap adanya kritik dan saran guna untuk penyempurnaan makalah ini. Demikian karya ilmiah yang dibuat penulis, semoga bisa bermanfaat bagi penulis dan p

BISNIS FOTOGRAFI

KARYA ILMIAH KULIAH LINGKUNGAN BISNIS BISNIS FOTOGRAFI DISUSUN OLEH : ISTIQOMAH AYU FITRIYANTI 17.96.0033 17.Ilmu Komunikasi.01 UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA Kata pengantar Puji Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan Hidayahnya kepada saya sehingga saya bisa menyelesaikan karya ilmiah tentang ‘’PELUANG BISNIS FOTOGRAFI’’. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas dari UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA sebagai bahan untuk pengambilan nilai dari materi Lingkungan Bisnis. Dan makalah ini juga dibuat untuk para pembaca mengetahui peluang bisnis Fotografi. Karya ilmiah ini saya buat berdasarkan pemikiran dan juga berasal dari beberapa sumber yang berada di internet. Untuk saat ini saya selaku penulis masih menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya berharap kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran guna untuk penyempurnaan makalah ini. Demikian karya ilmiah yang