KARYA
ILMIAH
KULIAH
LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS DI ERA
DIGITAL
DISUSUN
OLEH :
ISTIQOMAH
AYU FITRIYANTI
17.96.0033
17.Ilmu
Komunikasi.01
UNIVERSITAS
AMIKOM YOGYAKARTA
Kata
pengantar
Puji Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang
telah memberikan Rahmat dan Hidayahnya kepada saya sehingga saya bias
menyelesaikan karya ilmiah ini tentang ‘’PELUANG BISNIS DI ERA DIGITAL’’.
Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas dari UNIVERSITAS
AMIKOM YOGYAKARTA sebagai bahan untuk pengambilan nilai dari materi Lingkungan
Bisnis. Dan makalah ini juga dibuat untuk mengetahui peluang bisnis yang bias
digunakan di era digital saat ini.
Untuk saat ini saya masih menyadari bahwa makalah ini masih
jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya berharap adanya kritik dan saran
guna untuk penyempurnaan makalah ini.
Demikian karya ilmiah yang dibuat penulis, semoga bisa
bermanfaat bagi penulis dan pembaca.
Yogyakarta, September 2017
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
ABSTRAK
Peluang merupakan kesempatan atau waktu yang tepat untuk
dapat diambil seorang wirausaha dalam membuat suatu bisnis. Namun untuk saat
ini terkadang masih banyak orang yang kurang mengetahui peluang-peluang
tersebut. Untuk saat ini banyak sekali peluang bisnis yang bisa diambil,
terutama pada Era Digital saat ini. Dimana era orang-orang telah menggunakan
teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Maka
dari itu jaman sekarang terutama anak muda harus lebih pintar dalam penggunaa
teknologi untuk berbisnis. Disamping itu mereka juga harus kreatif dan inovatif
untuk mengembangkan bisnis mereka supaya bisa mengikuti perkembangan pasar.
Tujuan Penulisan
Untuk memberikan penjelasan tentang peluang bisnis
di era digital kepada anak muda yang
memiliki jiwa kreatifitas dan inovasi yang tinggi.
BAB II
PEMBAHASAN
Dalam Era Digital atau bisa dibilang jaman serba teknologi
semua orang bisa melakukan suatu bisnis. Bisnis yang dilakukan dengan teknologi
pun juga bisa dibilang mudah karena tidak terlalu mengandalkan tenaga yang
besar. Namun melakukan bisnis di era ini juga ada beberapa hal yang harus
diperhatikan.
Yang harus diperhatikan dalam memulai suatu bisnis di Era
Digital
- Menentukan produk
- Memanfaatkan peluang sekitar
- Lihatlah karakter bisnis anda dan juga dan sesuaikan dengan karakter pribadi anda
- Melihat sumber daya yang dibutuhkan dalam jangka panjang
- Harus berkreasi dan berinovasi
- Mengikuti perkembangan pasar
Masalah :
- Modal
- Persaingan
- Kurang paham tentang marketing
Wirausaha haruslah mengerti tentang marketing guna
meningkatkan bisnis mereka.
- Kebutuhan finansial yang kurang memadai
Kebutuhan finansial yang kurang memadai sehingga membuat konsumen atau pembeli enggan untuk membeli produk atau barang yag kita tawarkan
Namun, masalah tersebut janganlah membuat kalian menyerah
atau beranggapan bahwa bisnis kalian akan gagal. Ada pula solusi yang bisa kita gunakan dalam
membuat bisnis kita lancar kembali, diantaranya :
- Harus memberikan layanan yang baik dan membuat inovasi tentang produk kita supaya bisa menarik pelanggan.
- Harus belajar tentang marketing supaya mampu menigkatkan sebuah bisnis supaya tidak tersaingi
- Menelusuri mendetail tentang kebutuhan finansial produk.
- Dapat mengembangkan hobi
Karena berbisnis itu bisa berawal dari hobi kita. Jadi
kita mempunyai hobi yang bisa dikembangkan dan juga bisa meghasilkan uang.
- Menuangkan kreativitas dan inovasi tanpa batas.
- Bisa
menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Tips menentukan bisnis
- Cita cita
Bisnis bisa dimulai dari cita cita atau keinginan kita
akan hal yang muncul dari diri sendiri. Yang kemungkinan akan mendorong kita
untuk melakukan hal atau keinginan tersebut.
- Underpressure
Terkadang ide muncul ketika dalam keadaan tertekan
sehingga terkadang memaksa kita untuk melakukan hal tersebut.
- Pengembangan produk yang sudah ada
Biasanya produk lama masih terdapat kekurangan atau
belum sempurna sehingga diperlukan pengembangan lagi supaya bisa menarik
pelanggan.
- Prospek pasar
Melihat kebutuhan yang ada dipasar.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
- Bahwa memulai suatu bisnis haruslah kreativ dan inovatif supaya bisa menguasai pasar
- Harus berfikir positif tentang perkembangan bisnis dan menghilangkan kata gagal
- Banyak pembisnis yang gagal karena kurang memahami tentang bisnis.
- Perencanaan bisnis harus disusun dengan cermat, tepat dan akurat sehingga bisnis bisa lancar.
Referensi
www.amikom.ac.id
Komentar
Posting Komentar